Sadio Mane Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2019

By | Januari 8, 2020

Pemain sayap Liverpool Sadio Mane bernama Pemain Afrika Tahun 2019. Mane menjadi pemain Senegal kedua yang memenangkan penghargaan setelah El Hadji Diouf. Rekan setimnya The Reds, Mohamed Salah, telah mengklaim penghargaan itu pada tahun 2017 dan 2018.

Sadio Mane dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika untuk 2019 pada hari Selasa untuk memahkotai satu tahun di mana ia memenangkan Liga Champions bersama Liverpool dan memimpin Senegal ke final Piala Afrika.

Dengan performa ciamik di liga Primer Inggris musim ini bersama Liverpool, Mane memang patut mendapatkan penghargaan ini.

Mane, 27, memenangkan penghargaan untuk pertama kalinya setelah menyelesaikan runner-up untuk rekan setimnya di Liverpool Mohamed Salah dari Mesir pada 2017 dan 2018 dan mengambil tempat ketiga pada 2016.

Dia hanya Senegal kedua yang memenangkan penghargaan setelah El Hadji Diouf, yang merupakan pemenang pada tahun 2001 dan 2002.

“Sepak bola adalah pekerjaan saya, saya menyukainya. Saya sangat senang dan bangga bisa memenangkan penghargaan ini, ‘kata Mane.

Salah memilih untuk melewatkan upacara di Hurghurda, Mesir, untuk mengambil bagian dalam pelatihan dengan Liverpool di markas Melwood mereka.

Laporan bahwa ini adalah karena konfliknya yang sedang berlangsung dengan FA Mesir diberhentikan.

Kemenangan lain akan melihat Salah menjadi hanya pemain ketiga dalam sejarah yang memenangkan penghargaan tiga kali.

Mane dimahkotai setelah pemungutan suara dari pelatih kepala, direktur teknis dan kapten tim nasional senior dari asosiasi anggota CAF.

Sejumlah penghargaan lain juga diberikan, dengan Achraf Hakimi, yang dipinjamkan ke Borussia Dortmund dari Real Madrid, diberikan Hadiah Pemain Muda tahun ini.

Pelatih terbaik tahun ini pergi ke Djamel Belmadi setelah memimpin Aljazair ke gelar Piala Afrika 2019 dengan gaya empatik.

Bintang Liga Primer Inggris Serge Aurier dari Totenham, pemain Liverpool Joel Matip, mantan gelandang Everton Idrissa Gueue, pemain Manchester City, Riyad Mahrez, dan kapten Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang semuanya termasuk dalam Tim Terbaik Tahun ini bersama Mane dan Salah.

Berikut ini daftar penerima penghargaan pada ajang tahunan yang sangat dinanti oleh para pemain dari Benua Afrika.

Pemain Terbaik: Sadio Mane

Pemain Terbaik Wanita: Asisat Oshoala

Pemain Muda Terbaik: Achraf Hakimi

Tim Terbaik: Onana, Aurier, Matip, Koulibaly, Hakimi, Gueye, Mahrez, Zyech, Salah, Aubameyang, Mane

Gol Terbaik Tahun Ini: Mahrez (tendangan bebas di semifinal Piala Afrika)

Pelatih Terbaik: Djamel Belmadi

Pelatih Wanita Terbaik Tahun Ini: Diseree Ellis

Tim Terbaik Tahun Ini: Tim Terbaik Wanita Aljazair: Kamerun